Home

September 13, 2006

Peristiwa Priok

Assalamu`alaikum wr wb

Pulang kerja kemarin sore. ane melihat siaran Tv chanel SCTV, saat itu liputan 6 sore dan hari ini pun ane membaca koran radar cirebon. dengan judul "Kenang Peristiwa Priok, Air Mata Kembali Tumpah"
Jakarta- Air mata kembali tumpah diTPU Budi Dharma, Semper, Cilincing, Jakarta Utara, kemarin. Saat itu puluhan korban dan keluarganya mengenang peristiwa Tanjung Priok 12 September 1984.

Dalam peristiwa itu puluhan masa ditembaki aparat dari kesatuan Arhanud Tanjung Priok." Semua ini gara-gara kami menolak asas Pancasila" kata Ratono tepat diatas pusara tanpa nama yang diyakini sebagai korban Tanjuk Priok. Makam Tersebut pernah digali Oleh Komisi Penyelidik dan Pemeriksaan Pelanggaran Hak Asasi Manusia di Tanjung Priok (KP3T) pada 2000." Tapi pemerintah tak serius." lanjut lelaki yang sempat divonis 8 tahun penjara itu.

Semula itu bermula dari sikap warga tanjung priok mengkritis kebijakan pemerintah Orde Baru yang menerapkan asas tunggal Pancasila,pelarangaan jilbab disekolah dan program keluarga berencana.

Astagfirullah... Pelanggaan jilbab disitu yang membuat hati ane serasa diiris.
Teringat Cerita Kk dan kk ipar ane sewaktu ane bertanya... sejarah itu.. akhirnya kk pun bercerita. dahulu tahun segitu tidak boleh ada acara pengajian2. bila ada kerumunan pengajian langsung di selidiki.dan diberhentikan bahkan puluhan nyawa orang ditanjung priok pun menjadi korban.. Astagfirullah..
ane terdiam dan menyimak cerita kk2 ane. memang saat Thn 84 itu ane masih berumur 2 tahun. jadi ane belum ingat kejadian dinegara indonesia ini.
Teringat liqo jg. Mr mengucapkan Syukur Alhamdulillah skrg2 ini banyak yang berjilbab dan tidak dipersulit dalam sekolah maupun yang lainya. tidak seperti zaman dulu.
Ya Alloh Engkaulah yang dapat Menciptakan Pancasila kepada UmatMU.. makhluk yang membunuh sesama makhluk demi pancasila subhanalloh.... tindakan itu dilakukan tidak berprikemanusiaan? dapatkah dilakukan secara prikemanusiaan.krn Rosullullah mengajarkan kita dengan berdakwah terang2an dan lemah lembut.
Dibangku sekolah apakah ini masuk kesalah satu sejarah Pemerintahan or Sejarah Agama?
dimana pemetaan cerita ini? Entahlah ane pun masih mencari. karena kehidupan ini. yang kita tahu hanya 1/2 potong episode. seperti gambar di taskbar halaman depan blog ane.:) hanya 1/2 potong jalan :)

sekian dan terima kasih
wassalamu`alaikum wr wb

No comments: