Home

September 15, 2006

Amanah Makan Koq Dirusak

Assalamu`alaikum wr wb.

Mengingat kembali dimasa lalu, dengan berjualan Es. Ibu selalu menasehati anaknya. pake gula asli (batu, pasir) yah!!!, walau harga penjualan kita agar mahal dikit dari harga penjual lain. yang penting kita tidak meracuni orang.
Kalimat yang ibu ucapkan sungguh sangat mengena dihati.

Sekarang ini banyak sekali minuman dan makanan dirusak oleh manusianya itu sendiri. Entah datangnya dari mana pikiran yang buruk disetiap manusia. tidak semua manusia memiliki pikiran yang buruk.tidak menutup kemungkinan masih tersisa manusia yang masih menjaga hasil produksi penjualanya, yang jelas untuk pupuk saja dapat mempengaruhi hasil dari makanan dan minuman yang diproduksi.

Melihat Tahu yang dikasih Formalin. Melihat penjual es batu, es teh, es lainya. menggunakan gula bibit, or gula bianglah. Entah apa sebutanya.
Hari ini. saya membaca artikel dieramuslim dengan judul :
Teguran Melalui Sebuah Jempol oleh Lizsa Angraeny. Dengan menyebut kalimat diartikel beliau sebagai berkut:

Hari ini, saya kembali memandang wajah di cermin. Masya Allah, begitu sempurnanya ciptaan Allah. Semua panca indera saya berfungsi dengan sempurna. Bagian internal tubuh saya dapat terus berfungsi dengan izin Allah tanpa pernah disadari.

Segala hal yang ada dalam tubuh saya, menunjukan betapa besarnya nikmat yang telah dikaruniakan Allah bagi jiwa yang sempurna. Suatu kesempurnaan yang tidak bisa ditiru oleh robot secanggih apapun buatan manusia. Selusup, berjuta rasa syukur saya ucapkan, Alhamdulillahi rabbil`alamin.

"Ya Allah, tolonglah hamba untuk dapat terus berdzikir kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu dan beribadah dengan baik kepada-Mu." (HR Abu Daud dan Nasa'i)

kalimat tebal diatas adalah kemurahanNYA yang telah diberikan olehNYa. salah satu amanahkah? Iya.
Anda bayangkan. bagaimana kita memakan makanan yang telah dirusak oleh tangan-tangan manusia itu sendiri. yang tidak mensyukuri nikmatNya diberi kelengkapan tanggan tanpa ada kecacatan. seperti cerita mbak lizsa.

Dengan berjualan secara sehat InsyaAlloh rezeki kita diberi kelancaran, dan mendapat amalan yang baik.
bila kita merusak penjualan kita dengan tidak memberikan terbaik untuk umat. bagaimana kita memberikan yang terbaik untuk diri kita. sedangkan Alloh SWT sudah memberikan yang terbaik dalam hidup kita.

Dengan Es teh atau makanan lainya yang tidak baik dapat merusak bagian interval anak kecil. yang masih belum paham mana yang baik untuk dicerna anak-anak TK,SD. dipikiran ana sekecil itu. Mereka hanya dapat merasakan nikmat dan enaknya sebuah makanan dan minuman.

Dengan menyayangi bagian interval yang telah diberikan secara sempurna olehNYA. mari kita jaga hasil produksi penjualan kita. Mendekati Ramadhan mari kita jaga makanan dan minuman kita.

Allahumma bariklana fii rajab wa sya'ban wa balighnaa fii ramadhan.
Afwanminkum

Penulis awam

No comments: