Home

September 09, 2008

Akal & Nafsu

Dear All.

Tidak terasa sudah 7 hari kita telah menjalankan ibadah Ramdhan 1429 H.

Ramadhan kali ini saya tidak bersama keluarga, karena hidup di perantauan.
Alhamdulillah Tempat kost yang sekarang lebih dekat ke masjid, dibanding thn yg lalu.
Di Masjid Nurul Yakin Tepatnya di Jl. Komplek Pam Lama. Pejompongan. Di Masjid itu melakukan sholat Tarawih 11 Rokaat dengan diadakan Ceramah. Alhamdulillah saya merasakan hal yang Nikmat. Dikarenakan di kampung halaman saya Ceramahnya ba`da sholat subuh dan sholat Tarawih 23 Rokaat. Berbeda dengan disini, saya menikmati perbedaan itu.

Setelah melakukan sholat Tarawih yang 8 Rokaat, kita berhenti dahulu. Kemudian di lanjut ceramah. Tepatnya Tanggal 7 September 2008 Tema judul ceramahnya, yaitu :
=============== Akal & Nafsu=================
Alloh SWT. Menciptakan Akal terlebih dahulu, dan sebelum memberikan/ memasukan kedalam raga setiap manusia, si akal di tes terlebih dahulu untuk mengetahui Hasil Buatan Alloh S.W.T.
Alloh bertanya kepada akal.
Alloh S.W.T : Hai akal. sapa kamu sapa saya?
Akal : Anda Tuhan saya, dan saya HambaMU.
Alloh S.W.T : Skrg kamu maju & mundur
Akal : melakukan perintah Alloh S.W.T
Kemudian Alloh berucap .
Alloh : Ciptaan yang paling mulia adalah kamu Akal, yang pernah aq buat.

kemudian Alloh S.W.T menciptakan Nafsu. Dan bertanya kepada Nafsu, sama seperti akal di tes terlebih dahulu untuk mengetahui hasil Buatan Alloh S.W.T
Alloh bertanya kembali kepada Nafsu.
Alloh S.W.T : Hai Nafsu sapa kamu sapa saya?
Nafsu : tidak menjawab
Alloh S.W.T : Skrg kamu maju & mundur
Nafsu : tidak melakukan yang diperintahkan oleh Alloh S.W.T
Sampai 3 kali Alloh memerintah, dan akhirnya Alloh S.W.T memberikan hukuman, yaitu menjeburkan ke Api Neraka selama 100 Thn, setelah selesai 100 Thn ditanya oleh Alloh S.W.T
sama dengan pertanyaan yg pertama, si Nafsu tidak menjawab. kemudian Alloh S.W.T melakukan hal yg sama seperti pertama, menjeburkan kembali selama 100 Thn, Hingga yang ke 3 kalinya diberikan kembali pertanyaan itu kepada nafsu dengan expresi cemberut si nafsu menjawab.
======================= End=======================
Demikian kutipan dari ceramah yang saya dengar. Subhanallah betapa pentingnya Ramadhan dikarenakan untuk mengontrol si Nafsu. bilamana kita tidak melakukan puasa, maka nafsu akan terus menghasut kita. bilamana kita tidak puasa dan kita makan terlalu banyak itu dikarenakan nafsu, karena mkn kita banyak maka tenaga kitapun besar untuk marah. bila tidakmengontrol diri kita.

next for story in ramadhan kareem


No comments: