Home

April 18, 2006

Kisah Nyata Seorang Pemuda Arab Yang Menimba Ilmu DiAmerika

Bismillahirohmanirohim

Kisah Nyata Seorang Pemuda Arab Yang Menimba Ilmu DiAmerika
Rabu, 22 Februari 06
Ada seorang pemuda arab yang baru saja me-nyelesaikanbangku kuliahnya di Amerika. Pemuda ini adalah salah seorang yang diberi nikmat oleh Allah berupa pendidikan agama Islam bahkan ia mampu mendalaminya. Selain belajar, ia juga seorang juru dakwah Islam. Ketika berada di Amerika, ia berkenalan dengan salah seorang Nasrani . Hubungan mereka semakin akrab, dengan harapan semogaAllah SWT memberinya hidayah masuk Islam. Pada suatu hari mereka berdua berjalan-jalan di sebuahperkampungan di Amerika dan melintas di dekat sebuahgereja yang terdapat di kampung tersebut.
Temannya itu meminta agar ia turut masuk ke dalam gereja. Semula ia berkeberatan. Namun karena ia terus mendesak akhirnya pemuda itupunmemenuhi permintaannya lalu ikut masuk ke dalam gereja dan duduk di salahsatu bangku dengan hening, sebagaimana kebiasaanmereka. Ketika pendeta masuk, mereka serentak berdiri untukmemberikan penghor-matan lantas kembali duduk. Di saat itu si pendeta agak terbelalak ketika meli-hatkepada para hadirin dan berkata, "Di tengah kita ada seorang muslim. Aku harap iakeluar dari sini." Pemuda arab itu tidak bergeming dari tempatnya. Pendeta tersebut mengucapkan perkataan ituberkali-kali, namun ia tetap tidak bergeming daritempatnya.
Hingga akhirnya pendeta itu berkata, "Aku minta ia keluar dari sini dan aku menjaminkeselamatannya." Barulah pemuda ini beranjak keluar.Di ambang pintu ia bertanya kepada sang pen-deta, "Bagaimana anda tahu bahwa saya seorang mus-lim." Pendeta itu menjawab, "Dari tanda yang terdapat diwajahmu." Kemudian ia beranjak hendak keluar. Namun sang pendeta ingin memanfaatkan keberadaanpemuda ini, yaitu dengan mengajukan beberapapertanyaan, tujuannya untuk memojokkan pemuda tersebut dansekaligus mengokohkan markasnya. Pemuda muslim itupun menerima tantangan debattersebut.Sang pendeta berkata, "Aku akan mengajukan kepada anda 22 pertanyaan dananda harus menja-wabnya dengan tepat." Si pemuda tersenyum dan berkata, "Silahkan!
Sang pendeta pun mulai bertanya,
1.Sebutkan satu yang tiada duanya,
2.dua yang tiada tiganya,
3. tiga yang tiada empatnya,
4. empat yang tiada limanya,
5. lima yang tiada enamnya,
6. enam yang tiada tujuhnya,
7. tujuh yang tiada delapannya,
8. delapan yang tiada sembilannya,
9. sembilan yang tiada sepuluhnya,
10. sesuatu yang tidak lebih dari sepuluh,
11. sebelas yang tiada dua belasnya,
12. dua belas yang tiada tiga belasnya,
13. tiga belas yang tiada em-pat belasnya.
14. Sebutkan sesuatu yang dapat bernafas namun tidakmempunyai ruh!
15. Apa yang dimaksud dengan kuburan berjalan membawaisinya?
16. Siapakah yang berdusta namun masuk ke dalam surga?
17. Sebutkan sesuatu yang diciptakan Allah namun Diatidak menyu-kainya?
18. Sebutkan sesuatu yang diciptakan Allah dengan tanpaayah dan ibu!
19. Siapakah yang tercipta dari api, siapakah yangdiadzab dengan api dan siapakah yangterpelihara dari api? 20.Siapakah yang tercipta dari batu, siapakah ygdiadzab dengan batu dan siapakah yang terpelihara daribatu? 21. Sebutkan sesuatu yang diciptakan Allah dan dianggapbesar!
22. Pohon apakah yang mempu-nyai 12 ranting, setiapranting mempunyai 30 daun, setiap daunmempunyai 5 buah, 3 di bawah naungan dan dua di bawahsinaran matahari?
" Mendengar pertanyaan tersebut pemuda itu ter-senyum dengan senyuman mengandung keyakinan kepada Allah. Setelah membaca basmalah ia berkata,
• Satu yang tiada duanya ialah Allah SWT.
• Dua yang tiada tiganya ialah malam dan siang. AllahSWT berfirman, "Dan Kami jadikan malam dan siangsebagai dua tan-da (kebesaran kami)." (Al-Isra': 12).
• Tiga yang tiada empatnya adalah kekhilafan yangdilakukan Nabi Musa ketika Khidir menenggelamkansampan, membunuh seorang anak kecil dan ketikame-negakkan kembali dinding yang hampir roboh.
• Empat yang tiada limanya adalah Taurat, Injil, Zaburdan al-Qur'an. • Lima yang tiada enamnya ialah shalat lima waktu.
• Enam yang tiada tujuhnya ialah jumlah hari ke-tikaAllah SWT menciptakan makhluk.
• Tujuh yang tiada delapannya ialah langit yang tujuhlapis. Allah SWT berfirman, "Yang telah menciptakantujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidakmelihat pada ciptaan Rabb Yang Maha Pemurah sesuatuyang tidak seimbang." (Al-Mulk: 3).
• Delapan yang tiada sembilannya ialah malaikatpemikul Arsy ar-Rahman. Allah SWT berfirman,"Danmalaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit.Dan pada hari itu delapan orang malaikat men-junjung'Arsy Rabbmu di atas(kepala) mereka." (Al-Haqah: 17).
• Sembilan yang tiada sepuluhnya adalah mu'jizat yangdiberikan kepada Nabi Musa : tongkat, tangan yangbercahaya, angin topan, musim paceklik, katak, darah,kutu dan belalang dan *
• Sesuatu yang tidak lebih dari sepuluh ialahke-baikan. Allah SWT berfirman, "Barangsiapa yangberbuat kebaikan maka untuknya sepuluh kali lipat."(Al-An'am: 160).
• Sebelas yang tiada dua belasnya ialah jumlahsaudara-saudara Yusuf .
• Dua belas yang tiada tiga belasnya ialah mu'jizatNabi Musa yang terdapat dalam firman Allah, "Dan(ingatlah) ketika Musa memohon air untuk kaumnya, laluKami berfirman, 'Pukullah batu itu dengan tongkatmu.'Lalu memancarlah daripadanya dua belas mata air."(Al-Baqarah: 60).
• Tiga belas yang tiada empat belasnya ialah jumlahsaudara Yusuf ditambah dengan ayah dan ibunya.
• Adapun sesuatu yang bernafas namun tidak mempunyairuh adalah waktu Shubuh. Allah SWT ber-firman, "Danwaktu subuh apabila fajarnya mulai menying-sing."(At-Takwir: 18).
• Kuburan yang membawa isinya adalah ikan yang menelanNabi Yunus AS.
• Mereka yang berdusta namun masuk ke dalam surgaadalah saudara-saudara Yusuf , yakni ketika merekaberkata kepada ayahnya,"Wahai ayah kami, sesungguhnya kami pergiberlomba-lomba dan kami tinggalkan Yusuf di dekatbarang-barang kami, lalu dia dimakan serigala."Setelah kedustaan terungkap, Yusuf berkata kepadamereka," tak ada cercaaan ter-hadap kalian." Dan ayahmereka Ya'qub berkata, "Aku akan memohonkan ampunbagimu kepada Rabbku. Sesungguhnya Dia-lah Yang MahaPengampun lagi Maha Penyayang."
• Sesuatu yang diciptakan Allah namun tidak Dia sukaiadalah suara keledai. Allah SWT berfirman,"Sesungguhnya sejelek-jelek suara adalah suarakele-dai." (Luqman: 19).
• Makhluk yang diciptakan Allah tanpa bapak dan ibuadalah Nabi Adam, malaikat, unta Nabi Shalih dankambing Nabi Ibrahim.
• Makhluk yang diciptakan dari api adalah Iblis, yangdiadzab dengan api ialah Abu Jahal dan yangterpelihara dari api adalah Nabi Ibrahim. Allah SWTberfirman, "Wahai api dinginlah dan selamatkanIbrahim." (Al-Anbiya': 69).
• Makhluk yang terbuat dari batu adalah unta NabiShalih, yang diadzab dengan batu adalah tentarabergajah dan yang terpelihara dari batu adalahAsh-habul Kahfi (penghuni gua).
• Sesuatu yang diciptakan Allah dan dianggap perkarabesar adalah tipu daya wanita, sebagaimana firmanAllah SWT, "Sesungguhnya tipu daya kaum wanita itusangatlah besar." (Yusuf: 28).
• Adapun pohon yang memiliki 12 ranting setiap rantingmempunyai 30 daun, setiap daun mempunyai 5 buah, 3 dibawah teduhan dan dua di bawah sinaran mataharimaknanya: Pohon adalah tahun, ranting adalah bulan,daun adalah hari dan buahnya adalah shalat yang limawaktu, tiga dikerjakan di malam hari dan dua di sianghari. Pendeta dan para hadirin merasa takjub mende-ngarjawaban pemuda muslim tersebut. Kemudian ia pamit dan beranjak hendak pergi. Namun ia mengurungkan niatnya dan meminta kepadapendeta agar menjawab satu pertanyaan saja.
Permintaan ini disetujui oleh sang pendeta. Pemuda ini berkata, "Apakah kunci surga itu?
" mendengar pertanyaan itu lidah sang pendeta menjadikelu,hatinya diselimuti keraguan dan rona wajahnya punberubah. Ia berusaha menyem-bunyikan kekhawatirannya, namunhasilnya nihil.Orang-orang yang hadir di gereja itu terus mendesaknyaagar menjawab pertanyaan tersebut, namun ia berusahamengelak.Mereka berkata, "Anda telah melontarkan 22 pertanyaan kepadanya dan semuanya ia jawab, sementara ia hanya memberimu satu pertanyaan namun anda tidak mampu menjawabnya!
" Pendeta tersebut berkata, "Sungguh aku mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, namun aku takut kalian marah." Mereka menjawab,
"Kami akan jamin keselamatan anda."Sang pendeta pun berkata, "Jawabannya ialah: Asyhadu an La Ilaha Illallah wa annaMuhammadar Rasulullah."Lantas sang pendeta dan orang-orang yang hadir digereja itu memeluk agama Islam. Sungguh Allah telah menganugrahkan kebaikan danmenjaga mereka dengan Islam melalui tangan seorangpemuda muslim yang bertakwa

.*** Penulis tidak menyebutkan yang kesembilan (pent.)* Kisah nyata ini diambil dari Mausu'ah al-Qishashal-Waqi'ah melalui internet, http://www.gesah.net/ Wassalamu'alaykum warahmatullaahi wabarakaatuh

1 comment:

alitop said...

Sangat bermanfaat..
saya minta yah ilmunya ini...